6/1/09

Sejarah Berdirinya YPI AL-AMIN Tasikmalaya

Gedung sekolah MA AL-AMIN

Sambil menyelam minum susu. Demikian peribahasa tepat bagi Pondok Pesantren Al-Amin Tasikmalaya. Pesantren yang baru berdiri di awal millenium ke dua yang terbukti mampu membaca perkembangan zaman.

Awalnya, Yayasan Pendidikan Islam Al-Amin, lembaga pendidikan yang berbasis Islam tersebut, hanya sebuah lembaga pendidikan bordir bernama "Tjiwulan Bordir". Dari sinilah cikal bakal kegiatan pendidikan di Al-Amin dimulai.

Berawal dari mimpi H. Zarkasyie, untuk membangun lembaga pendidikan berbasis Islam, maka dengan usahanya yang gigih dan dukungan dari para puteranya serta pertolongan Allah SWT., terwujudlah keinginan tersebut. Didirikanlah Pondok Pesantren Al-Amin pada tahun 2001. Setahun kemudian, disusul dengan berdirinya Madrasah Aliyah Al-Amin pada tahun 2002.

Berdiri di sebuah kampung terpencil bernama Cukang, kelurahan Tanjung, kecamatan Kawalu, Al-Amin yang dibesarkan oleh pengusaha, turut mendidik santrinya menjadi pengusaha. Tjiwulan bordir, Pondok Pesantren Al-Amin, dan Madrasah Aliyah Al-Amin secara utuh disatukan menjadi sebuah lembaga resmi yang diberi nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Amin Terpadu.

Dengan kurikulum dan sistem pembelajaran yang terpadu, Al-Amin ingin mewujudkan cita-cita generasi unggulan yang siap membangun bangsa Indonesia. Konsep-konsep ajaran Islam yang sempurna dijadikan acuan pembelajaran dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kebersihan misalnya, menjadi salah satu sorotan utama dalam kehidupan sehari-hari. "Tidak hanya hafal ayat Al Qur'an dan hadits yang berkenaan dengan kebersihan, tetapi juga terus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari." Tegas KH Wawan Setiawan.

Disiplin juga menjadi icon penting bagi Al-Amin. Dimulai dengan menerapkan disiplin dalam melaksanakan sholat berjama'ah di mesjid, diharapkan seluruh warga YPI Al-Amin mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment

 

Pengikut

Berlangganan

Kirim update terbaru dari Al-Amin langsung ke Emal anda!

Bergabung di Keluarga Besar Al-Amin