6/4/09

Analisi Kodisi Lingkungan Saat Ini

Perkembangan lingkungan yang didorong oleh perkembangan teknologi berjalan pesat dan tidak mengenal lagi batas-batas negara. Budaya dengan berbagai gaya hidupnya telah menjadi mudah tersaji dihadapan ummat Islam baik melalui media elektronik, cetak maupun melalui berbagai kegiatan show di daerah-daerah. Hedonisme dan budaya instan ini telah merasuki kalangan generasi muda. Terjadinya pergeseran nilai terutama di kalangan generasi muda sehingga terjauhkan dari nilai-nilai ruh Islam.

Perkembangan ekonomi mendorong berkembangnya berbagai pusat-pusat perbelanjaan / bisnis yang membentuk lingkungan baru dengan persaingan yang sedemikian ketatnya. Kekuatan ekonomi ummat mulai terpinggirkan oleh kekuatan pemodal besar dengan jaringan usahanya yang kuat. Ummat Islam terutama di pedesaan dihadapkan kepada kemiskinan.

Ummat Islam hari ini berada dalam kondisi terpuruk dan posisi pondok pesantren termarjinalkan oleh aksesibilitas sehingga misi rahmatan lil alamin belum begitu optimal. Ketakberdayaan ekonomi, rendahnya mutu pendidikan, dan rendahnya nilai-nilai budaya menyebabkan ketidakberdayaan dalam mentransformasikan dirinya sebagai sosok muslim dan mu’min yang sempurna sehingga telah memperlemah kondisi masyarakat, bangsa, serta negara.

Bahwa ragam persoalan mendasar sebagaimana terurai, perlu dihadapi dengan kesabaran kuat serta memaksimalkan ikhtiar yang progresif, terorganisir dan benar. Untuk mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil alamin diperlukan paradigma yang komprehensif dan pemantapan pola didik sumber daya insani sebagai generasi penerus bangsa.

0 comments:

Post a Comment

 

Pengikut

Berlangganan

Kirim update terbaru dari Al-Amin langsung ke Emal anda!

Bergabung di Keluarga Besar Al-Amin